Latest News

BAU BADAN TIDAK SEDAP, Sebab dan Tips Mengatasinya, Part I


Sahabat Crystal X, Selamat pagi. Kali ini akan kita bahas tentang masalah penampilan yang jika kita mengalaminya bisa menjatuhkan mental kita, yakni BAU BADAN TIDAK SEDAP.
Sahabat Crystal X, Apakah Penyebab Bau Badan Tidak Sedap??? Bagaimana cara mengatasi bau badan tidak sedap ???? Bagaimana mencegah bau badan tidak sedap itu??? banyak sekali pertanyaan- pertanyaan seputar bau badan tidak sedap. 

Menurut dr. Amaranila Lalita Drijono, SpKK dari Perempuan Clinic dan Rumah Puan ini dia yang menyebabkan bau badan:

1. Memiliki Bulu Lebih Banyak

Bau badan Tidak Sedap lebih berpotensi muncul pada orang-orang yang memiliki banyak bulu. Sebab, kelenjar apokrin berfungsi untuk meminyaki rambut. Jika bulu di bagian tersebut banyak, kelenjar apokrin tak dapat menguap sehingga menempel pada bulu atau rambut.  Alhasil, bakteri punya kesempatan lebih lama memecah protein yang terkandung dalam kelenjar apokrin. Tak heran jika umumnya pria memiliki bau badan yang lebih tajam dari pada wanita. Hal itu terjadi karena bulu di tubuh pria lebih banyak sehingga kelenjar apokrin mereka lebih aktif.

2. Mengonsumsi Makanan Berbau Tajam, Pedas, dan Daging Merah

Ternyata, makanan yang kita konsumsi bisa memengaruhi Bau badan Tidak Sedap , terutama makanan yang berbau tajam, seperti bawang, petai, dan lain-lain. Sebab, selain melalui urine dan feses, makanan juga dikeluarkan melalui keringat. Karena itu, tak heran jika masyarakat yang terkenal suka mengonsumsi kari yang mengandung banyak rempah,  memiliki bau badan yang khas.
   
Bau badan Tidak Sedap juga dapat muncul akibat sering mengonsumsi daging merah. Kandungan protein yang cukup tinggi pada daging merah dipecah oleh amoniak sehingga keringat yang keluar dari tubuh menjadi bau. Demikian juga  jika mengonsumsi makanan pedas. Suhu tubuh akan meningkat sehingga produksi keringat bertambah. Dengan bertambahnya keringat, bakteri punya kesempatan untuk memecah protein menjadi bau yang tidak sedap.

3. Tidak Menjaga Kebersihan Tubuh

Faktor terbesar seseorang memiliki bau badan tak sedap adalah karena perilaku tidak sehat yang tidak menjaga kebersihan tubuh, seperti jarang mandi, tidak mengganti pakaian berbahan  jins dalam waktu lama, menggunakan baju tebal saat panas, dan lain sebagainya. Semua kebiasaan itu memberi kesempatan bakteri untuk memecah protein pada keringat sehingga menghasilkan Bau badan Tidak Sedap .

4. Akibat Penyakit

"Salah satu penyakit yang dapat menyebabkan Bau badan Tidak Sedap adalah diabetes. Hal itu disebabkan oleh gula darah yang kurang terkontrol sehingga terjadi kondisi ketoasidosis yang dapat menyebabkan bau badan," ujar Amaranila. Penyakit lever juga menyebabkan badan penderitanya mengeluarkan aroma tak sedap karena tubuh tak mampu mengeluarkan racun.

Untuk Mengetahui Tips Menangani Bau Badan Tidak Sedap Click Here

1 Response to "BAU BADAN TIDAK SEDAP, Sebab dan Tips Mengatasinya, Part I"